Wednesday, April 17, 2024

Tugas 6 - Membuat Kalkulator Sederhana

Nama     : Florentino Benedictus

NRP       : 5025201222

Tahun    : 2024

Kelas      : Pemrograman Perangkat Bergerak I

Link Implementasi      :  Link Github


Tugas 6 - Membuat Kalkulator Sederhana

Pada tugas ini, dibuat aplikasi kalkulator yang memungkinkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua angka yang ditentukan oleh user. Aplikasi kalkulator akan memanfaatkan composable state untuk membuat variabel yang persisten dan melakukan perubahan nilai variabel. Implementasi menggunakan referensi Basic Calculator App:

1. Inisiasi Proyek
Pertama-tama buka aplikasi Android Studio lalu pilih New Project -> Empty Activity. Kemudian ubah nama activity menjadi "MyCalculator" dan menggunakan level API minimum 24, lalu pilih Finish. Lalu tunggu beberapa saat sampai Android Studio selesai loading proyek. Untuk kemudahan maka digunakan virtual device Pixel 7 Pro yang telah dibuat sebelumnya.

2. Ubah Template Default
Pertama-tama, hapus fungsi Greeting pada template. Kemudian ubah isi setContent sehingga memanggil CalculatorScreen(). CalculatorScreen() merupakan fungsi utama yang akan dibuat selanjutnya.

3. Buat Fungsi CalculatorScreen()
Pada fungsi CalculatorScreen(), buat variabel num1 dan num2 yang akan digunakan sebagai placeholder angka untuk operasi aritmatika. Kemudian tambahkan TextField pada composable Column sehingga dapat ditampilkan di layar.

4. Tambahkan Context
Karena akan digunakan Toast message untuk menampilkan hasil operasi aritmatika, maka perlu ditentukan context yang digunakan yaitu LocalContext.current.

5. Tambahkan Button Operasi Aritmatika
Selanjutnya, buat composable Row yang akan berisi 4 button dengan teks Add, Sub, Mul, dan Div yang masing-masing akan berfungsi untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dari kedua input angka. Ketika tiap button diklik, maka hasil operasi aritmatika dari kedua angka input akan disimpan pada variabel result kemudian ditampilkan menggunakan pesan Toast.

6. Cek Hasil Implementasi
Run ulang app sehingga program terload ulang, maka tampilan kalkulator yang telah dibuat akan terlihat pada device yang dipilih. Berikut adalah contoh hasil untuk masing-masing operasi aritmatika:

A. Penjumlahan
B. Pengurangan
C. Perkalian
D. Pembagian

Berikut adalah isi code MainActivity.kt:
MainActivity.kt

No comments:

Post a Comment

EAS PPB I - Aplikasi Alfamind

Nama       : Florentino Benedictus NRP          : 5025201222 Tahun     : 2024 Kelas        : Pemrograman Perangkat Bergerak I Link Desain An...