Wednesday, June 26, 2024

EAS PPB I - Aplikasi Alfamind

Nama     : Florentino Benedictus

NRP       : 5025201222

Tahun    : 2024

Kelas      : Pemrograman Perangkat Bergerak I

Link Desain Antarmuka (Figma): https://www.figma.com/design/m8HIM901nSCnb31i91mogA/Untitled?node-id=0-1&t=wn8bW7ty2VswmNJq-0

Link Demo: https://www.youtube.com/watch?v=YVU-2YpbL5o

Link Docs    : https://docs.google.com/document/d/1hwolpVlUyOJEP9A3CY25j0KDxo3jFsvSagQJGyYf3FU



EAS PPB I - Aplikasi Alfamind

Pada EAS Kelas PPB I 2024 diberikan studi kasus aplikasi Alfamind. Alfamind merupakan suatu aplikasi e-commerce berbasis mobile dari Alfamart dimana user penjual produk dapat mendaftarkan tokonya sendiri ke dalam aplikasi. User pembeli juga dapat melihat dan membeli produk-produk yang ditawarkan. Terdapat beberapa soal berkaitan dengan studi kasus Alfamind yang perlu diselesaikan pada EAS ini:

Soal 1. Buat spesifikasi dan deskripsi aplikasi yang mampu dibuat berdasarkan studi kasus di atas?

Untuk menyelesaikan studi kasus Alfamind yang merupakan marketplace online untuk perangkat mobile, maka dapat dibuat aplikasi dengan kriteria sebagai berikut:

Perangkat                        : Android (Mobile)
Bahasa Pemrograman     : Kotlin

Keperluan yang digunakan untuk pengembangan:
Aplikasi                         : Android Studio, Android SDK
Perangkat                 : Laptop ASUS TUF F15 Intel i7-11800H, RAM 16GB

Berikut adalah deskripsi dari fitur yang akan dibuat:
a. Fitur Screen Pembuka
Ketika user pertama kali membuka aplikasi, maka akan diarahkan pada halaman ini yang menunjukkan identitas aplikasi kemudian user dapat melanjutkan ke halaman berikutnya yaitu login dan register.
b. Fitur Register
Pada halaman ini, user dapat mendaftarkan diri ke aplikasi dengan mengisikan data diri yaitu nama, nama toko, email, dan password yang diinginkan.
c. Fitur Login
Pada halaman ini, user yang sudah terdaftar di aplikasi dapat mengisikan email dan password yang sudah terdaftar untuk login ke aplikasi.
d. Fitur Menampilkan Barang Dagangan
Pada halaman utama aplikasi, user dapat melihat barang-barang dagangan yang ditawarkan pada aplikasi.
e. Fitur Profile Store Owner
Pada halaman ini, user dapat melihat profilnya sendiri yang meliputi nama user, nama toko, dan jumlah saldo saat ini.
f. Fitur Top Up Saldo
Pada halaman ini, user dapat mengisi saldo yang ingin diisi kemudian melakukan pembayaran ke virtual account. Jika sudah berhasil maka saldo user akan bertambah,

Soal 2. Buat use case dan flowchart yang akan diimplementasikan?

a. Use Case 1: Pengguna dapat mengisikan data yang diperlukan dan melakukan pendaftaran diri (registrasi) ke aplikasi
b. Use Case 2: Pengguna yang sudah terdaftar dapat mengisikan data dirinya untuk melakukan login ke aplikasi
c. Use Case 3: Pengguna dapat melihat barang dagangan yang tersedia pada aplikasi di halaman utama
d. Use Case 4: Pengguna dapat melihat data diri meliputi nama user, nama toko, dan jumlah saldo yang dimiliki saat ini
e. Use Case 5: Pengguna dapat melakukan pengisian saldo terhadap akun yang dimiliki


Soal 3. Gambarkan UI yang akan diimplementasikan
Berikut adalah tampilan desain antarmuka/UI yang dibuat menggunakan figma:
Berikut adalah link figma desain antarmuka/UI yang dibuat:


Soal 4. Implementasikan Rancangan Aplikasi

Kode program implementasi aplikasi Alfamind dapat dilihat pada link berikut:

Soal 5. Buat presentasi dan demokan implementasi, upload di Youtube dan isi lembar monitoring



No comments:

Post a Comment

EAS PPB I - Aplikasi Alfamind

Nama       : Florentino Benedictus NRP          : 5025201222 Tahun     : 2024 Kelas        : Pemrograman Perangkat Bergerak I Link Desain An...