Monday, September 26, 2022

MPPL B - Kuis 1

Kuis 1 MPPL B
Nama : Florentino Benedictus
NRP : 5025201222
Kelas : MPPL B
Tahun : 2022



1. Sebutkan perbedaan pekerjaan proyek dan pekerjaan rutin (Min 4).
a. Pada pekerjaan proyek, tugas yang dilakukan non-rutin yang berarti hasil yang diciptakan bukan berulang seperti pada pekerjaan rutin
b. Pada pekerjaan proyek, diperlukan lebih banyak perencanaan dibanding pekerjaan rutin, dimana pada hal ini outputnya dapat berupa dokumen pendukung seperti Project Charter dan Project Management Plan
c. Pada pekerjaan proyek, sumber daya yang tersedia dibatasi (contoh: waktu, biaya) karena pekerjaan proyek memiliki tujuan spesifik dalam ruang lingkup/scope tertentu yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu
d. Pekerjaan proyek merupakan pekerjaan dalam skala besar (kompleks) sehingga melibatkan banyak stakeholder (client, project manager, spesialis, dan sebagainya)

2. Apa saja yang perlu dikelola dengan baik, agar proyek dapat berhasil. Jelaskan.
Dalam mengelola proyek, diperlukan adanya manajemen proyek yang baik. Hal-hal yang perlu dimanajemen meliputi: manajemen lingkup/scope, waktu, biaya, kualitas, integrasi, sumber daya manusia, komunikasi, risiko, pengadaan, dan stakeholder.

Manajemen proyek bertujuan untuk:
a. Mengelola risiko
Dengan melakukan manajemen proyek, risiko yang mungkin terjadi dapat diatasi. 
b. Memaksimalkan potensi tim
Dengan melakukan manajemen proyek, sumber daya manusia yang tersedia dapat menjalankan fungsinya secara maksimal karena mampu membuat perencanaan yang baik dan memiliki kemampuan mengelola proyek. Dengan meningkatnya kualitas sumber daya manusia, proyek dapat dilaksanakan dengan baik.
c. Menciptakan perencanaan yang tepat
Manajemen proyek dapat mengarahkan perencanaan yang tepat mulai dari proses awal sampai akhir proyek, sehingga dapat memaksimalkan kualitas dan kapabilitas proyek.
d. Memanfaatkan peluang
Manajemen proyek dapat digunakan untuk mengelola peluang yang ada agar dapat mengembangkan proyek tanpa mengurangi tujuan utama yang ingin dicapai
e. Mengelola integrasi
Manajemen proyek berperan dalam mengidentifikasi dan mempertahankan integrasi antar sistem, proses bisnis, dan organisasi. Kesinambungan 3 elemen tersebut merupakan kunci agar proyek tetap konsisten dan berada pada jalurnya sehingga tujuan proyek dapat tercapai.


3. Siapakah yang dimaksud dengan stakeholder dalam proyek. Sebutkan dan jelaskan perannya.
Stakeholder adalah pemangku kepentingan, yang berarti segala pihak yang terlibat dan memiliki tujuan tertentu. Tiap stakeholder memiliki tingkat kekuasaan dan tingkat kepentingan yang berbeda-beda. Secara umum, dalam proyek terdapat beberapa stakeholder antara lain:
a. Client/Project Owner: Pihak yang memiliki kepentingan berupa hasil yang diciptakan dari proyek dan umumnya menjadi penyedia dana untuk melaksanakan proyek.
b. Project Manager: Pihak yang bertanggung jawab atas perencanaan, pengadaan, dan eksekusi proyek.
c. Tim Proyek: Pihak yang memiliki tugas utama untuk menyelesaikan proyek yang didalamnya diketuai oleh Project Manager.
d. Pihak Eksternal: Pihak yang tidak secara langsung terlibat dalam organisasi proyek. Dapat berupa platform maupun aplikasi yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek (Contoh: Lembaga Pemerintah, Telegram, PayPal, dst)
e. Pengguna: Dalam proyek perangkat lunak yaitu pihak yang menggunakan hasil aplikasi.


4. Komposisi Tim Proyek terdiri dari siapa saja? Apa peran masing-masing.
a. Project Manager: merupakan pihak yang bertanggungjawab atas perencanaan, pengadaan, dan eksekusi proyek.

b. Staff Proyek: pihak yang memiliki tugas utama menyelesaikan proyek dengan tiap anggotanya memiliki spesialisasi masing-masing.
Dalam proyek secara umum, terdapat beberapa staff proyek antara lain:
- Resource Manager: Bertugas mengatur dan memanajemen sumber daya yang tersedia dalam proyek
- Quality Assurance: Bertugas menjamin kualitas dari produk yang dihasilkan
- IT Professional: Bertugas untuk melakukan maintenance terhadap hardware maupun software yang digunakan dalam proyek
- Subject Matter Expert: Sebagai pakar yang bertugas melakukan estimasi dan opini dalam pengambilan keputusan

Sedangkan dalam proyek perangkat lunak terdapat beberapa staff proyek antara lain:
- System analyst: Bertugas merancang dan menganalisis sistem agar menghasilkan sistem yang sesuai dengan target
- Programmer: Bertugas untuk membuat perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman.
- UI/UX designer: Bertugas untuk merancang antarmuka dan pengalaman pengguna dari perangkat lunak yang dihasilkan 
- System engineer: Bertugas memanajemen infrastruktur aplikasi proyek



5. Tuliskan draft Project Charter untuk link proyek berikut :



No comments:

Post a Comment

ETS PPB I - Aplikasi Pemesanan Tiket

Nama       : Florentino Benedictus NRP          : 5025201222 Tahun     : 2024 Kelas        : Pemrograman Perangkat Bergerak I Link Implement...